Cara Bertransaksi Online Dengan Aman Agar Terhindar Dari Penipuan


Seiring perkembangan teknologi, manusia mulai mengenal yang namanya dunia internet terutama dalam hal online.Dengan kemudahan ini manusia yang dulunya jika ingin membeli sesuatu harus datang ketempatnya langsung. Tapi dengan kemajuan internet manusia tidak perlu lagi berusah payah,hanya dengan menggunakan perangkat seperti smartphone. Jadi anda sudah bisa membeli barang dengan mudah. Namun, ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan tindak penipuan. Nah, buat anda yang tidak ingin ditipu, saya akan membagikan cara bertransaksi online agar terhindar dari penipuan melalui sosial media.

1. Cek Identitas Mengenai Penjual 
Sebelum anda melakukan transaksi dengan penjual, ada baiknya ada mengetahui terlebih dahulu mengenai indentitas dari penjual. Karena jika penjual melakukan tindak penipuan kepada anda. Anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib dengan data penjual yang sudah anda miliki. Namun, apabila penjual tidak dilengkapi dengan identitas, lebih baik anda mencari yang lain saja yang lebih aman. 

2. Mintalah Alamat & KTP Yang Jelas Pada Penjual Sebelum Bertransaksi
Jika anda sudah mengetahui profil lengkap penjual, maka langkah selanjutnya anda adalah mencocokkan profil lengkapnya yang ada di SOSMED dengan data yang baru anda minta. Jika profil yang ada di SOSMED dan dengan yang baru anda minta berbeda, lebih baik anda mencari yang lain saja. Karena memang sudah terbukti jika penjual tersebut akan melakukan tindak penipuan kepada anda.

3. Pastikan Gambar Barang Yang Akan Dibeli Terlihat Jelas
Sebelum anda membeli sesuatu yang anda inginkan. Pertama-tama pastikan dulu gambar barang/ID yang anda beli terlihat jelas dan tidak buram ataupun kecil. Karena bisa saja para penjual nakal tersebut mendapatkan gambar tersebut dari hasil pencaharian google.

4. Jangan Mudah Tergiur Dengan Harga Murah
Semua orang pastinya ingin membeli barang dengan harga murah. Tapi belum tentu dengan harga yang murah tersebut anda bisa terhindar dari kasus penipuan. Karena biasanya para penipu tersebut menjual dengan harga murah dari harga jual yang semestinya. Hal ini agar orang banyak yang tertarik untuk membelinya. Lebih baik anda membeli barang dengan harga yang mahal tetapi sudah terjamin dengan keamanannya.

5. Jangan Percaya Dengan Perkataan (Sumpah,Demi Tuhan,Dll)
Inilah yang membuat orang mudah percaya pada penjual. Para penjual tidak segan-segan mengucapkan perkataan seperti sumpah,demi allah,dll padahal mereka tidak tahu dengan apa yang mereka katakan hanya untuk membuat para pembeli (buyer) mudah percaya. Jika sobat menemukan para penjual yang berkata seperti ini lebih baik kalian lakukan no.2, jika mereka tetap tidak memberikan identitas jelas, lebih baik anda mencari yang lain saja.

6. Jika Menggunakan Jasa Perantara,Pilih Perantara Yang Terpercaya
Walaupun dengan adanya jasa perantara, anda bisa terhindar dari kasus penipuan. Tapi itupun tetap saja anda belum sepenuhnya aman. Pasalnya banyak yang menyediakan jasa perantara yang tidak aman. Nah, buat anda yang ingin menggunakan jasa perantara yang aman,mudah, dan terpercaya yang pastinya hanya disini.


Nah, itulah tadi Cara Bertransaksi Online Dengan Aman Agar Terhindar Dari Penipuan. 
Sebelum anda akan melakukan transaksi online dengan orang yang baru dikenal. Saya sarankan anda untuk bertanya dengan orang yang sudah pernah bertransaksi dengan penjual. Dan jangan lupa tetap selalu waspada saat melakukan transaksi secara online. Terutama dengan orang yang belum jelas identitasnya. Para penipu menggunakan segala cara untuk melakukan modus penipuan. Karena mereka selalu mengintai anda kapan dan dimana saja.

0 Response to "Cara Bertransaksi Online Dengan Aman Agar Terhindar Dari Penipuan"

Post a Comment